Rental Play Station (PS), kebanyakan masih menggunakan timer bawaan dari layar Televisi yang dipakai. Sebenarnya menggunakan timer TV tersebut bisa saja digunakan untuk timer, namun keterbatasannya adalah, kita tidak bisa mengetahui biaya yang sudah ada dan tidak ada log pembukuannya.

Berbeda dengan billing yang berupa software di PC, kita bisa mendapatkan nilai lebih. Misalnya, bisa dilakukan pembukuan secara otomatis, untuk mendapatkan analisa pendapatan rental. Kemudian, keuntungan lain, bisa mengetahui unit yang selalu dipakai dan unit yang jarang dipakai, ataupun yang lainnya.

Pada kesempatan kali ini, akan disampaikan sedikit pembuatan sebuah billing rental Play Station (PS) sebanyak 4 unit dengan mengontrol switch ON/OFF pada sumber listriknya. Pada sistem ini, billing menghitung biaya dan durasi yang dipakai user. Kemudian untuk mengaktifkan dan menghentikan PS, digunakan metode  On/Off power AC dari unit PS menggunakan relay yang dikendalikan oleh MCU/mikrokontroller.

Cara kerja billing adalah, saat billing di mulai, maka software akan mengirim perintah ke MCU untuk menyalakan relay sesuai dengan nomer billing yang diaktifkan. Kemudian MCU akan mengaktifkan relay sehingga aliran listrik ke unit yang dimaksud akan mengalir. PS dapat digunakan setelah billing aktif. Demikian juga untuk unit yang lain, dapat diaktifkan dan dimatikan dengan melalui software billing di PC. Pada software, akan tercatat waktu mulai unit dan menampilkan biaya tagihan.

Harga sewa unit juga dapat diatur melalui setting harga yang disediakan, dan dapat disesuaikan dengan mudah. Selain itu, semua unit dapat dimatikan dan dinyalakan secara bersamaan melalui sebuah tombol.

Demikian, semoga bermanfaat.

Download Source Code.

Tentang iklan-iklan ini