Membuat Grafik Dinamik Pada Visual Basic 6

http://www.youtube.com/watch?v=yQHPU8mZeHk

grafik

Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang bagaimanakah membuat grafik pada visual basic, maka pada posting ini adalah membahas lebih lanjut bagaimana membuat sebuah grafik.

Perbedaan yang akan disampaikan pada tulisan ini diantaranya adalah: bagaimana membuat sebuah grafik dapat menampilkan data secara kontinyu. Data dapat ditampilkan terus menerus, ketika grafik telah menyentuh titik maksimum sumbu Y maka secara otomatis grafik akan ditampilkan mulai dari sumbu Y=0.
Hal ini sangat membantu ketika data yang ditampilkan sangat banyak dan membutuhkan waktu yang relatif lama. Jika pada posting sebelumnya grafik ketika sudah mencapai sumbu Y maksimum, grafik akan berhenti.
[baca selengkapnya disini]

You may also like...

3 Responses

  1. bulan says:

    selamat malam pak,, klo mau mengatur nilai skala di sumbu y bgaimana?? misalnya saya pingin di sumbu y tiap garis nya kenaikan 0,5 jadi data 30,3 dan 30,6 ada beda jarak yang lumayan

    • roohmadi says:

      Salam, setahu saya untuk increment/kenaikan nilai sumbu Y itu paling kecil adalah 1, karena ini merupakan koordinat. Jadi misalnya ingin membedakan skala 0,1 maka nilai data dikalikan 10, kemudian increment sumbu Y 1. Artinya setiap perubahan data real 0,1 diwakili oleh 0,1×10= 1, yang dalam koordinat diwakili oleh 1 satuan sumbu Y.

  2. budi_wibowo says:

    salam, terima kasih postingannya sangat membantu sekali………klo ada tutorial pemrograman untuk membaca data dari mikrokontroler jenis avr yang di visualkan lewat grafik di Vb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *