Ultrasonik dapat digunakan untuk mendeksi suatu objek dan mengukur jaraknya tanpa harus melakukan kontak dengan objek tersebut.   Untuk mengukur dan mendeteksi suatu objek, ultrasound dapat menggunakan dua metode yang biasa dipakai. Metode yang pertama, menggunakan gelombang kontinyu (continuous wave) dan gelombang pulsa (pulse). Prinsip dasar dari metode pulsa adalah mengirimkan sinyal pulsa yang berisi gelombang ultrasound, kemudian ada bagian elektronik yang mendeteksi sinyal pantul (echo) dan menghitung waktu yang dibutuhkan saat pulsa dikirim sampai echo dideteksi. Sinyal balik/echo dapat terjadi lebih dari sekali tergantung dari posisi objek yang dikenai.

Prinsip ultrasound juga dapat dipakai sebagai sensor gerak dan sensor untuk membuka suatu pintu secara otomatis. Kelebihan ultrasonik yang lain adalah, dapat menyebar sehingga dapat menjangkau area yang lebih luas dengan satu titik sensor.

Non-destructive Testing

Prinsip kerja dari ultrasonik

Ultrasound dapat digunakan untuk memeriksa tanpa merusak suatu objek yang biasa disebut NDT. Ultrasound dapat mendeteksi kecacatan dan ketebalan suatu cacat berdasarkan prinsip echo. Frekuensi yang biasa dipakai untuk untuk proses NDT adalah 2 Mhz – 10 Mhz, pemilihan frekuensi ini sangat bergantung dengan pengaruh panjang gelombang terhadap material objek yang di periksa. Saat ini sudah berkembang peralatan untuk inspeksi baik yang manual maupun yang otomatis.

[baca selengkapnya]

 

Iklan