wire allPada tulisan sebelumnya telah disampaikan sekilas tentang osilator dan macam-macam osilator.

Pada tulisan kali ini akan disampaikan bagaimana membuat sebuah simulasi rangkaian osilator menggunakan software.

 

Silakan ikuti ulasan berikut ini.

Altium Desainer

Altium Limited adalah perusahaan perangkat lunak publik milik Australia yang menyediakan perangkat lunak desain elektronik berbasis PC untuk para insinyur. Didirikan di Tasmania, Australia tahun 1985, Altium sekarang memiliki kantor regional di Australia, China, Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang, dengan reseller di semua pasar utama lainnya. Perusahaan ini dikenal sebagai “Protel” sampai tahun 2001.

Sejarah

Nicholas Martin , seorang desainer elektronik yang bekerja di University of Tasmania pada tahun 1980 , menemukan keterbatasan tool untuk merancang papan sirkuit (PCB), baik melalui proses manual yang sulit , atau dengan software yang harganya mahal dan mensyaratkan dalam pemakaian memerlukan komputer mainframe mahal . Dengan perkembangan komputer pribadi , Martin melihat kesempatan untuk membuat desain produk elektronik yang terjangkau untuk platform PC . Pada tahun 1985 ia mendirikan Protel dan meluncurkan produk pertama pada akhir tahun yang sama.
Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan simulasi rangkaian osilator menggunakan software Altium Designer.

  1. Buka dan jalankan program OrCAD melalui –>Start –> Program –> Altium –> Altium Designer atau klik icon Altium Designer di layar desktop Anda.
  2. Buat project baru File –> New –> Schematic

New Schematic

Akan muncul area kerja berikut:

  1. Klik tab Libraries, disebelah kanan atas.

new schematicnew schematic

  1. Klik tab Libraries, disebelah kanan atas.

  2. Pilih Miscellaneous Devices.IntLib

Langkah-langkah berikutnya pada tulisan bagian 2.