Tulisan kali ini adalah posting yang saya tulis ulang dari beberapa sumber yang memiliki kesamaan tema, jadi bukan seluruhnya adalah hasil eksperimen saya. Saya hanya mencoba mencoba petunjuk yang diberikan dan mencoba eksperimen dengan beberapa referensi tersebut.

MLX90614 adalah termometer inframerah yang sangat berguna karena dalam pemakaiannya tidak diperlukan kontak antara sensor dan objek yang akan diukur. Sensor memberikan pembacaan suhu rata-rata dari semua objek yang tercover oleh view dari sensor, sehingga tidak suhu mutlak dari sebuah objek yang diamati. Dengan prinsip ini, maka dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kehadiran ataupun perubahan suhu objek dalam range jangkaun sensor baik itu gerakan objek ataupun kehadiran suatu objek.

Gambar Wiring

Dengan mengikuti gambar di atas, maka kita dapat dengan mudah membuat sebuah sistem pembaca suhu menggunakan MLX90614 dan board arduino Uno. Jika merasa kesulitan menggunakan rangkaian di atas, dapat juga membeli modul sensor yang sudah jadi tinggal menambahkan jumper kabel dari modul ke board arduino.

[Baca selengkapnya]