CAM00451CAM00470 CAM00471 CAM00472

[Full Gallery Foto]

Gambaran Umum
HX711 adalah modul timbangan, yang memiliki prinsip kerja mengkonversi perubahan yang terukur dalam perubahan resistansi dan mengkonversinya ke dalam besaran tegangan melalui rangkaian yang ada. Modul melakukan komunikasi dengan computer/mikrokontroller melalui TTL232.
Kelebihan
Struktur yang sederhana, mudah dalam penggunaan, hasil yang stabil dan reliable, memiliki sensitivitas tinggi, dan mampu mengukur perubahan dengan cepat.

 

Aplikasi
Digunakan pada bidang aerospace, mekanik, elektrik, kimia, konstruksi, farmasi dan lainnya, digunakan untuk mengukur gaya, gaya tekanan, perpindahan, gaya tarikan, torsi, dan percepatan.
Fitur
– Differential input voltage: ±40mV(Full-scale differential input voltage is ± 40mV)
– Data accuracy: 24 bit (24 bit A / D converter chip.)
– Refresh frequency: 80 Hz
– Operating Voltage : 5V DC
– Operating current : <10 mA
– Size:38mm21mm10mm

Prinsip Kerja

HX711 1

Prinsip kerja sensor regangan ketika mendapat tekanan beban. (sumber datasheet HX711)
Ketika bagian lain yang lebih elastic mendapat tekanan, maka pada sisi lain akan mengalami perubahan regangan yang sesuai dengan yang dihasilkan oleh straingauge, hal ini terjadi karena ada gaya yang seakan melawan pada sisi lainnya. Perubahan nilai resistansi yang diakibatkan oleh perubahan gaya diubah menjadi nilai tegangan oleh rangkaian pengukuran yang ada. Dan berat dari objek yang diukur dapat diketahui dengan mengukur besarnya nilai tegangan yang timbul.

[Baca selengkapnya]