Perlunya Pengaturan Nutrisi dalam Sistem Hidroponik

  • Dalam praktik, teknik mengatur larutan nutrisi adalah berdasarkan pengaturan dua variabel. Tingkat keasaman (pH) dan Electric Condutivity (EC).
  • Pengaturan pH dan EC secara berlanjut dalam sistem hidroponik tertutup akan menyebabkan akumulasi beberapa elemen mineral dalam larutan nutrisi. Sehingga sebagai konsekuensinya, larutan nutrisi akan mencapai titik dimana larutan tidak dapat lagi di sesuaikan dan harus diganti dengan yang baru.
  • Dengan meningkatkan waktu penggunaan larutan nutrisi dalam sebuah sistem hidroponik tertutup maka akan mendapatkan keuntungan secara ekonomi yang besar pada penghematan penggunaan air dan pupuk. Hal ini hanya dapat dicapai dengan pencapaian pemberian pupuk yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Dalam sebuah penelitian ingin mengetahui bagaimana teknik untuk mensimulasikan kebutuhan setiap elemen dalam larutan nutrisi dibutuhkan oleh sebuah tanaman. Penelitian dilakukan dalam sebuah sistem hidroponik sistem tertutup seperti berikut:
Pada penelitian ini masing-masing konsentrasi NO2, P2O5, K, Ca, Mg dan Fe diukur menggunakan Photometer setiap dua hari sekali. Sekali dalam satu hari pH dan EC diukur dan disesuaikan dengan menggunakan HNO3 dan atau H2PO4 dan air.
 
Dari hasil observasi yang dilakukan:
Ketersediaan Ca dan Fe3+

  • Secara cepat Ca tidak ditemukan¬† sesuai dengan konsentrasi yang diharapkan dalam lauran. Ca hanya mencapai konsentrasi yang ditentukan dalam beberapa hari setelah dimulai. Hal ini bukan karena terjadi saturasi air, karena ketersediaan air cukup banyak dan secara teori ketersediaan Ca(NO3)2 dalam jumlah banyak akan memenuhinya.
  • Konsentrasi Fe3+ turun sangat cepat setelah larutan disiapkan. dan tren penurunan konsentrasinya selalu diikuti tren yang sama dan tidak berhubungan dengan parameter cuaca atapun penyerapan mineral oleh tanaman.

Demikian, semoga bermanfaat. Salam Hidroponik Indonesia.
 
referensi:
Dynamic Simulation of Nutrient Solution Composition in a Closed Hydroponic System (P. Giaglaras, Ch. Lykas, C. Kittas)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *