IoT: Apa itu Internet of Things (IoT)

Seiring dengan bergulirnya revolusi baru yaitu revolusi industri 4.0 sebagai akibat semakin berkembangnya teknologi. Semakin majunya teknologi semikonduktor yang mampu menyajikan sebuah chip yang semakin kecil dan dapat memproses semakin banyak perintah, maka kecepatan internet menjadi salah satu imbasnya. Selain itu semakin berkembangnya teknologi IC pemroses yang semakin mendominasi perangkat elektronik disekitar kita.

Saat ini semakin banyak perangkat elektronik yang dilengkapi kemampuan berkomunikasi antara peralatan (device) tanpa campur tangan manusia lagi. Hal inilah yang yang memicu bergulirnya revolusi industri 4.0. Perangkat elektronik ini biasa disebut perangkat yang sudah kompatibel dengan teknologi Internet of Things (IoT).

Kemudian, apakah yang disebut dengan Internet of Things (IoT)?

Internet of Things (IoT)

IoT khoahocthoidai.vn

sumber: khoahocthoidai.vn

Banyak sekali pengertian ataupun penjelasan tentang apa itu Internet of Things (IoT) tetapi semuanya ingin menjelaskan melalui pendekatan yang sesuai dengan konteksnya. Semua ingin menjelaskan apakah Internet of Things? Dari dua kata tersebut, kita dapat mengingat secara mudah konsepnya yaitu internet dan things. Jadi IoT adalah konsep yang menggambarkan dimana dua device atau lebih dapat berkomunikasi satu sama lainnya melalui sebuah jaringan/internet tanpa adanya interaksi manusia.  Biasanya IoT identik dengan konsep machine-to-machine (M2M).

Aplikasi dari IoT banyak sekali, bahkan saat ini perusahaan-perusahaan besar sudah mulai menyiapkan produknya untuk membanjiri pasar, bersaing untuk memperebutkan potensi kapitalisasi pasar yang akan semakin meningkat dari tahun ke tahun dimasa mendatang sebelum digantikan oleh yang baru. Tidak hanya perusahaan yang memiliki fokus pada hardware, tetapi sampai pada perusahaan yang awalnya berbasis software seperti google turut ambil bagian pada perkembangan ini. Dimanakah Anda dan saya saat itu?

Pada saat ini kita berada pada fase dimana IoT sedang pada masa trend naik memuncak, dimana saat ini dalam sebuah produk identik dengan adanya sensor, prosesor, software dan konektivitas yang menyatu. Biasanya produk ini akan memanfaatkan koneksi internet untuk menghubungkan device dengan suatu tempat penyimpanan yang biasnaya adalah cloud.  Dengan banyaknya data yang dikumpulkan akan menumbuhkan peluang analisis data, cloud storage, dan pemanfaatan data lainnya. Dan tidak menutup kemungkinan juga privasi setiap orang akan semakin terbuka.

Pemanfaatan teknologi yang sedang pesat saat ini jika kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kita, maka nilai tambah yang sangat signifikan akan dapat kita capai. Banyak inovasi yang mungkin muncul dengan dukungan IoT, efisiensi cost, waktu dan lainnya juga nilai plus yang mungkin kita dapatkan. Selain masalah lain adalah masalah keamanan/security.

Demikian, semoga bermanfaat.

Referensi:

Mari Mengenal Apa itu Internet of Thing (IoT)

Mengenal Internet of Thing

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *