Halaman situs ini juga memiliki alamat lain di Rohmadi-blogspot. Untuk mendapatkan artikel yang lebih baru, silakan mengunjungi blog kami yang baru.

Menampilkan Tulisan pada LCD 16×2 baris dengan ATMega8535

LCD (Liquid Crystal Display) merupakan salah satu perangkat display yang umum dipakai dalam sebuah system instrumentasi. Dengan LCD 16×2 baris kita bisa menampilkan sebuah informasi dari sebuah pengukuran data sensor, menu pengaturan instrument, ataupun yang lainnya. Dengan menggunakan CodeVision Wizard, kita dengan mudah dapat membuat tampilan display yang kita inginkan.

Pada kesempatan kali ini, akan diberikan contoh langkah membuat display dengan menggunakan LCD 16×2 baris. Ikutilah langkah berikut:

[Baca Selengkapnya]

Interfacing LCD Omnima NXP LPC21xx Solomon SSD192x

LCD Omnima jenis ini bisa untuk menampilkan tulisan dan bisa menampilkan grafik. Karakter ataupun grafik yang ditampilkan dapat merupakan komposisi warna dari RGB. Sehingga dapat menampilkan warna sejumlah 256 macam warna. Resolusi screen yang dimiliki adalah 320×240 piksel.

LCD ini dapat diakses melalui interface Serial, I2C, GPIO. Untuk melakukan perintah yang diinginkan disediakan library, ada yang menyediakan juga library open source sehingga bisa digunakan pada OS Open Source.

[Baca Selengkapnya]

Menampilkan Data Pengukuran Dalam Grafik [Matlab]

Melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang membuat GUI dengan Matlab, maka pada kesempatan ini akan disampaikan bagaimana cara menampilkan data pengukuran yang diperoleh dalam bentuk grafik menggunakan interface GUI. GUI adalah sebuah interface yang dibuat untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna dalam mengoperasikan sebuah software. Sementara, sebuah grafik adalah hasil sajian dari sekumpulan data yang tujuannya untuk disampaikan kepada pihak lain. Untuk mempermudah pihak lain/user dalam membaca sebuah data, maka diperlukan sebuah interface. Dalam software engineering, GUI merupakan sebuah interface yang sudah lazim digunakan.

Bagaimanakah membuat sebuah interface GUI sederhana untuk menyajikan data yang tersimpan dalam sebuah file? Ikutilah sajian yang akan disampaikan.

[Baca Selengkapnya]

Manisnya Dunia Pendidikan Kita…

Mengajar adalah sebuah profesi yang hanya dapat dilakukan oleh orang yang telah memiliki kualifikasi yang ditetapkan. Jika suatu pekerjaan itu hanya dapat dilakukan oleh orang yang memiliki kompetensi tertentu yang ditetapkan, maka itulah yang disebut profesi.

Sama halnya dengan dokter, pengacara, dan sejenisnya. Maka pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang tanpa kualifikasi yang ditetapkan. Berbeda dengan pekerjaan penyapu jalan, kuli panggul di pasar, ataupun yang sejenisnya.

[Baca Selengkapnya]

“Ngotot” itu perlu…

Hahahaha…

Apa yang Anda bayangkan dengan sebuah kata “Ngotot”?

Saya percaya, Anda mungkin terbayang dengan kondisi orang yang sedang adu argument tentang suatu hal yang tidak begitu jelas benar ato salahnya, mungkin ibarat membicarakan duluan mana antara telur dan ayam.

[Baca Selengkapnya]

Interfacing GPS Garmin 60C Dengan ATMega162 (2)

Pada tulisan pertama, telah dijelaskan tentang GPS beserta data-data yang dapat diambil untuk dijadikan sebagai sumber informasi. Diantara data yang digunakan adalah data $GPGGA – Global Positioning System Fix Data. Pada blok data yang diawali dengan $GPGGA, kita bisa mengetahui waktu, latitude, longitude, altitude, dan yang lainnya. Pada tulisan ini, kita akan mencoba untuk membaca blok data yang diawali dengan identifier $GPGGA.

[Baca Selengkapnya]

Interfacing GPS Garmin 60C Dengan ATMega162 (1)

Quantcast

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba menuliskan hasil interfacing antara GPS Garmin 60C dengan AVR ATMega162. Interfacing yang saya maksud pada kesempatan ini adalah bagaimana membaca data output GPS Garmin 60C yang berupa protokol NMEA.

GPS merupakan suati device navigation  yang dapat digunakan untuk mengetahui posisi seseorang pada suatu tempat. GPS memberikan data diantaranya adalah: Global Positioning System, Geographic position (latitude/longitude), dan lain sebagainya.  Data output GPS Garmin mengikuti protokol NMEA yaitu suatu protokol komunikasi pada peralatan elektronik untuk aplikasi pada kapal laut.

[Baca Selengkapnya]

Membuat Billing Dengan VB 6

Melanjutkan tulisan yang pertama tentang Billing Rental Komputer, maka pada tulisan ini akan dijelaskan bagaimanakah langkah-langkah membuat billing.

Pada prinsipnya, billing adalah counter up waktu dan dikalikan dengan nilai harga sehingga didapatkan sejumlah tagihan. Misalnya, biaya rental komputer sejam adalah Rp. 3000, maka kita akan mendapatkan harga sebesar:

Rp. 3000/60 menit.

Nilai counter waktu misalnya ditetapkan setiap 1 menit. Maka kita dapatkan counter harga sebesar:

[Baca Selengkapnya]

Billing Rental Komputer dengan Visual Basic 6

Mungkin diantara kita dulu, sewaktu kuliah ataupun masih sekolah sering ke warung internet (Warnet). Sewaktu kuliah, saya inget betul, bagaimana tahun pertama untuk mengakses internet harus rela menempuh jarak kurang lebih 10 km naik angkot. Maklum, kampus saya termasuk daerah pinggiran dan belum ada saluran telepon dari Telkom. Untuk ke warnet aja butuh perjuangan ekstra, naik angkot dua kali, belum lagi kalau apes sampai warnet kadang belum buka karena OP nya masih belum bangun.

[Baca Selengkapnya]

Voltmeter AC/DC dengan AVR ATMega8535

Voltmeter merupakan alat ukur yang umum digunakan untuk mengukur tegangan. Voltmeter dibagi menjadi 2, yaitu voltmeter AC dan voltmeter DC. Pada dasarnya, voltmeter AC dan voltmeter DC sama prinsipnya yaitu mengukur beda tegangan.

Saat ini, alat ukur dibedakan menjadi 2 juga, yaitu alat ukur digital dan alat ukur analog. Masing-masing memiliki keunggulan yang tidak dimiliki lainnya. Sehingga, walaupun alat ukur analog sudah lebih dahulu dikenal, tapi saat ini masih dipakai sebagai alat ukur.

[Baca Selengkapnya]

Pak Guruku yang “Slalu” Aku Tunggu

Mungkin kita semua pernah yang namanya “menunggu” dan “membenci” kehadiran seorang guru dalam ruang kelas kita.

ya, itu sudah menjadi rahasia umum jika seorang guru, pastinya akan senantiasa “ditunggu” atau “dihindari” kehadirannya dalam ruang kelas, saat kita masih sekolah.

[Baca Selengkapnya]

Program Absensi Karyawan Dengan Visual Basic 6.0 dan Barcode

Program ini adalah komputerisasi absensi karyawan menggunakan ID card yang telah ditempel barcode. Program ini mencatat data masuk dan keluar, dan menghasilkan data output rekap harian, rekap bulanan semua karyawan, rekap harian dan rekap bulanan karyawan individual. Data yang disajikan juga menggunakan perhitungan efektifitas jam kerja. Sehingga setiap karyawan dapat diketahui, dalam harian berapa jam dia bekerja. Data juga dicatat dalam bentuk jam lembur/kelebihan jam kerja.

Bagi yang berminat, silakan hubungi kami.

[Baca Selengkapnya]

Membuat SMS Gateway dengan Visual Basic 6.0 (1)

Kirim *Reg#Jawaban A# ke nomer 0899763412xx, mungkin kita tidak asing dengan iklan ataupun ajakan dari presenter di sebuah televisi sekarang ini. Ataupun bentuk yang lain semisal, ya ini adalah sebuah bentuk aplikasi dari layanan SMS. Inilah yang disebut dengan SMS gateway secara sederhana. Konsep SMS gateway adalah sederhana. Yaitu, menerima SMS, mengolah pesan masuk sesuai syntax yang ditentukan, dan menghubungkan ke database, baik itu mencari database, menyimpan ataupun yang lainnya.

[Baca Selengkapnya]

Mengirim SMS dengan Visual Basic .NET

Pada kesempatan ini, Anda akan mempelajari bagaimana mengirim pesan singkat melalui Visual Basic .NET menggunakan Modem GSM Wavecom. Modem Wavecom memiliki beberapa perintah AT Command yang berhubungan dengan SMS, diantara untuk mengirim, menghapus, membaca, dan lainnya. Komunikasi antara modem GSM dengan VB .NET melalui port serial. Sehingga Anda akan mudah melakukannya karena pada VB .NET sudah tersedia tool untuk komunikasi melalui port serial.

[Baca Selengkapnya]

Interfacing Motor Stepper dengan VB 6.0

Motor Stepper adalah salah satu jenis motor DC yang sangat populer khususnya dibidang robotika. Walaupun motor stepper saat ini sudah tergeser popularitasnya dengan motor jenis lain, namun motor stepper memiliki keunggulan tersendiri yang tidak bisa digantikan oleh yang lain.

[Baca Selengkapnya]

Testing Modem GSM Wavecom dengan Visual Basic 6.0

Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat sebuah program sederhana untuk melakukan komunikasi antara Visual Basic 6.0 dengan modem GSM Wavecom. Modem Wavecom dapat diatur dengan dua mode, yaitu mode teks dan mode PDU. Untuk kesempatan kali ini kita akan menggunakan mode teks yang lebih mudah dimengerti dan mudah interfacing dengan VB 6.0.

[Baca Selengkapnya]

Membuat GUI Hello Word dengan Matlab (2)

Sebelumnya kita telah membuat GUI Hello Word, kesempatan kali ini kita akan melanjutkan dengan latihan mengganti isi dari tulisan dalam Static Text.

[Baca Selengkapnya]

Membuat GUI Hello Word dengan Matlab

Matlab, seperti halnya software development lainya juga meyediakan fitur untuk membuat aplikasi yang user friendly. Yaitu suatu tampilan yang dapat memudahkan pengguna aplikasi dalam mengoperasikannya. Dalam Matlab, kita bisa menggunakan fitur Guide untuk membuat tampilan berbasi grafis.

[Baca Selengkapnya]

Logging Data Suhu DS1820 dengan Matlab 2008

Matlab adalah singkatan dari Mathematic Laboratory, yaitu sebuah program yang dikembangkan dengan keunggulan penanganan operasi terkait dengan matematika. Saat ini matlab merupakan software paling popular yang digunakan untuk penanganan kalkulasi numerik dan desain sistem. Matlab merupakan bahasa pemrograman yang sangat optimal untuk komputasi matriks. Karena dalam toolbox matlab terdapat tool yang dapat digunakan untuk mendesain suatu system dan mensimulasikannya sehingga seorang engineer bisa mendapatkan data tanpa perlu melakukan eksperimen….

[Baca Selengkapnya]

Mengirim dan menerima SMS menggunakan HyperTerminal melalui Modem GSM Serial

Pada kesempatan ini akan saya berikan sedikit contoh bagaimana mengirim dan menerima sms menggunakan hyperterminal melalui modem GSM serial. Seperti kita sudah ketahui, bahwa program bawaan Windows® adalah sebuah program yang sangat familiar bagi orang yang hobby ataupun seorang teknisi yang sering berhubungan dengan interfacing. Hyperterminal merupakan software yang universal dan mudah penggunaannya.

[Baca Selengkapnya]

MEMBUAT GRAFIK PADA VISUAL BASIC (VB)

Pada dasarnya sebuah grafik adalah gambaran beberapa buah data pada minimal dua buah koordinat dari satu titik acuan awal (titik nol). Dengan kata lain, kita dapat menampilkan beberapa nilai data menjadi sebuah grafik yang mewakili sebuah interpretasi terhadap posisi tertentu.

Misalnya kita memiliki data sebagai berikut: Setelah dilakukan pengukuran terhadap kecepatan angin di titik Q selama tujuh hari, maka didapatkan data sebagai berikut, Hari:{Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu}; Kecepatan rata-rata: {10, 12, 15, 8, 20, 5, 7}meter/detik.

[Baca Selengkapnya]